Thursday 24 September 2015

Sekilas tentang Hotel (Hospitality)

TERIMAKASIH, singgah untuk minum kopi atau sekedar singgah. serem amat ngebahas raja hutan (singgah=singa :v). salam exellent all, oke gw mau bahas sedikit tentang knowladge hotel, terimakasih sudah mau menyimak.

Bicara soal hotel penghasilan terbesar dari pengelolaan sebuah hotel adalah penjualan kamar. Penghasilan kedua terbesar adalah penjualan makanan dan minuman, baik yang dijual di outlet–outlet restoran yang dimiliki oleh hotel tersebut maupun penjualan makanan dan minuman melalui layanan kamar (room service). Pelaksanaan penyediaan dan pengolahan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman berada di bawah tanggung jawab Divisi Makanan dan Minuman/Food and Beverage Division. Divisi ini terbagi atas dua yaitu bagian pengolahan/produksi (kitchen) dan bagian penyajian (service).
Pembelajaran ini memuat konsep dasar teoritik Penataan Pelayanan Makanan dan disusun sebagai materi pembelajaran. Dengan demikian materi  ini terkait dengan elemen bahan ajar lainnya yang telah diberikan dalam perkuliahan. Diharapkan setelah mempelajari modul pembelajaran ini, mahasiswa akan memiliki kompetensi yang memadai sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:
1.   Kognitif         : Memahami secara analitis, kritis dan sintesis aplikasi teori tata hidangan, serta alokasi sumberdaya, manusia, dan sosial untuk meningkatkan efisiensi pelayanan.
2.   Afektif           : Bersikap etis, profesional dan berpihak pada pelaku pelayanan yang berada pada posisi marjinal.
3.   Psikomotorik : Menempuh seluruh prosedur pembelajaran dengan sikap dan etika yang baik dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan, bekerjasama dalam kelompok belajar.

KONSEP DASAR PENATAAN DAN
PELAYANAN MAKANAN

Kehidupan sosial ekonomi dewasa ini, sebagian besar anggota masyarakat terutama dikota-kota besar, lebih banyak menghabiskan waktu melakukan kegiatan sehari-hari di luar rumah. Sebagai akibat dari kondisi seperti ini, pemenuhan kebutuhan pokok seperti makan dan minum, lebih banyak dilakukan di luar rumah, seperti di kantin, restoran, coffee shop dan sebagainya.
Seiring dengan keadaan ini, semakin berkembang pesat pula usaha dalam bidang makanan dan minuman (food and beverage). Bagi pemilik dan pengelola restoran, Penataan dan Pelayanan Makanan semakin disadari fungsi pentingnya dalam usaha mencapai kepuasan pelanggan sehingga diperoleh keuntungan yang wajar. Dengan demikian usaha-usaha pengembangan dan peningkatan kemampuan keterampilan personel menjadi lebih intensif dilakukan. Usaha-usaha ini memerlukan perencana­an yang harus dilandaskan pada pemahaman tentang konsep dasar Penataan dan Pelayanan Makanan.

A.    Pengertian Penataan dan Pelayanan Makanan
Penataan berasal dari kata tata. Tata artinya menyusun, mengatur, atau menata. Sedangkan pelayanan makanan artinya memberikan layanan atau melayani pelanggan untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Jadi, penataan dan pelayanan makanan adalah cara menata/menyusun, menghias dan menyajikan makanan dengan menggunakan alat yang tepat serta memberikan layanan ketika pelanggan menikmati makanan di meja makan.
B.     Fungsi dan Tujuan Penataan Pelayanan Makanan
Penyediaan layanan makanan dan minuman di hotel merupakan suatu keharusan agar para tamu dapat tinggal nyaman dan menyenangkan di hotel tersebut. Di hotel-hotel berbintang sangat umum kita temui beberapa restoran dan bar yang dibuka untuk kepentingan tamu hotel.
Fungsi penataan dan pelayanan makanan adalah
1.      Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan minuman.
2.      Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga mau menjadi pelanggan tetap).
3.      Memelihara dan meningkatkan nama baik restoran dan citra hotel.
Tujuan dari penataan dan pelayanan makanan adalah
1.      Membangkitkan selera makan
2.      Memberikan kepuasan
3.      Memberikan kenyamanan
4.      Mencerminkan tata cara makan yang baik
5.      Mempererat hubungan kekeluargaan
6.      Mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan tenaga dan hidangan)

C.    Prinsip-prinsip Dasar Penataan dan Pelayanan Makanan
1.      Kebersihan
Faktor utama yang sangat penting diperhatikan oleh pelanggan sebuah restoran adalah kebersihan, baik tempat, ruangan, lingkungan, peralatan maupun makanan dan petugas pelayanan.
2.      Keserasian
Suasana tempat makan, peralatan dan dekorasinya harus serasi yang akan membuat selera makan pelanggan menjadi meningkat dan loyal.

3.      Keseimbangan
Luasnya ruangan dan kecermatan pemilihan perabot yang digunakan akan menciptakan keseimbangan dan mempengaruhi suasana yang nyaman sehingga menambah loyalitas pelanggan.
4.      Pusat perhatian
Display makanan yang tertata rapi dan bersih merupakan salah satu daya tarik pelanggan. Disamping itu tatanan rangkaian bunga di atas meja makan juga menjadi pusat perhatian yang membuat semarak dan gairah nafsu makan.
5.      Ketepatan
Penempatan perabot yang tepat akan memberikan kenyamanan bekerja bagi petugas pelayanan. Tepat juga dalam menciptakan suasana yang diinginkan pelanggan, termasuk dalam penyajian makanan dan peralatan yang digunakan.
6.      Keindahan
Penataan yang rapi tidak saja menjadikan kenyamanan tetapi juga menciptakan keindahan, apalagi bila ditambah dengan sebuah rangkaian bunga ditengah meja, sehingga memberikan kesegaran alami dan membuat kesan romantisme.
Disamping prinsip-prinsip dasar tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun hal-hal yang mendukung keberhasilan pelaksanaan penataan dan pelayanan makanan yang baik, meliputi:
1.      Pramusaji yang professional
Pramusaji adalah orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan, bertugas membantu dan melayani tamu selama menikmati makanan dan minumannya. Materi pramusaji akan disajikan pada Modul Tata Hidang.
2.      Tempat dan peralatan yang tepat
3.      Menu yang disediakan
4.      Kerjasama yang baik dengan bagian terkait
Materi ini akan disajikan dalam Modul Tata Hidang.

D.    Ruang Lingkup Penataan dan Pelayanan Makanan
Penataan dan pelayanan makanan pada hotel dikenal dengan istilah F & B Service di bawah naungan Food and Beverage Department. Departemen makanan dan minuman terbagi atas dua bagian besar yaitu food production (kitchen) dan food and beverages service. Food Production (kitchen) merupakan bagian yang mempersiapkan dan mengolah makanan. Sedangkan Food and Beverages Service adalah bagian yang memberikan pelayanan dan penyajian makanan dan minuman kepada setiap tamu yang makan. Bagian ini terdiri dari bagian atau unit, dimana setiap bagian atau unit mempunyai tugas pokok yang berbeda-beda.
Secara jelas dapat digambarkan dalam struktur organisasi departemen makanan dan minuman seperti pada gambar 1 berikut ini.
Struktur Organisasi Food and Beverages Department pada Hotel








Gambar 1. Bagian-bagian pada Departemen Makanan dan Minuman

Restaurant tugas pokoknya menyiapkan dan menyajikan makanan minuman untuk tamu yang makan di restoran. Tugas pokok bar adalah menyiapkan, membuat dan menyajikan minuman dengan atau tanpa makanan. Tugas pokok room service adalah menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman ke kamar tamu. Tugas pokok banquet adalah menyelenggarakan pesta perjamuan didalam atau diluar hotel. Sedangkan Steward mempunyai tugas pokok yaitu menyiapkan, membersihkan dan menyimpan peralatan baik bagi keperluan services maupun production.

Demikianlah knowladge hospitality yg saya tahu untuk saat ini dan mudah mudahan bermanfaat  jangan lupa membaca itu anugerah tuhan. Sekian terimakasih :)

No comments:

Post a Comment